Jelajahi Kampung Bule No. 1 di Yogyakarta

Yogyakarta sudah tidak asing lagi di telinga para traveller. Kota yang dijuluki dengan Kota Pendidikan ini memang sangat terkenal hingga ke luar benua. Mulai dari sentra gudegnya, keraton, hingga suasana malam di Malioboro. Tidak heran jika berkunjung ke sini, kalian akan melihat bule-bule berseliweran khususnya di wilayah kota. Tapi, daerah apa, sih, yang paling banyak bulenya?

Jawabannya tidak lain yaitu Prawirotaman. Daerah ini sendiri terbagi menjadi tiga jalan dimana semuanya terletak di Kelurahan Brontokusuman Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta. Banyaknya penginapan dengan harga murah membuat banyak turis memutuskan berlabuh di sini. Belum lagi banyaknya restoran dan kedai-kedai yang menyajikan makanan lokal hingga internasional. Letaknya yang dekat dengan spot-spot vital juga menjadi faktor pendukung lainnya. Stasiun Tugu dan Terminal Giwangan yang sama-sama berjarak 4 kilometer dari tujuan, menjadi pilihan transit utama para pengunjung luar kota. Selain itu, dari Jalan Prawirotaman sendiri, hanya butuh 13 menit berjalan kaki untuk sampai di Malioboro, 6 menit ke alun-alun utara, dan 30 menit perjalanan menggunakan motor untuk mencapai Pantai Parangtritis. Jika kalian males berjalan kaki, mungkin karena takut kulit jadi belang, kalian tidak perlu khawatir. Kalian akan menjumpai becak kayuh ataupun bentor yaitu singkatan dari becak motor. Dengan harga yang relatif terjangkau, kalian sudah bisa menikmati Yogyakarta dengan kearifan lokal.

Bagi kalian yang tertarik mengunjungi Prawirotaman, di sini terdapat rekomendasi tempat-tempat yang patut dicoba. Antara lain:

  1. ViaVia Bakery and Restaurant
photo: liveinjogja.com
photo: IG/keliling.djogdja

Kedai roti yang menjadi yang menjadi tempat syuting film AADC 2 (Ada Apa Dengan Cinta? 2) ini identik dengan roti-roti serta berbagai macam kue khas Prancis. Tidak hanya itu. ViaVia juga menjual biji kopi pilihan, selai dengan bermacam variasi, dan biji-bijian kering. Sedangkan, restorannya sendiri mengandalkan makanan khas barat tapi tidak melupakan masakan tanah air.

  1. Tempo Gelato
photo: IG/mimi_almeera_alyssa

Kedai es krim yang terletak di ujung Jalan Prawirotaman I ini memang cocok dikunjungi saat cuaca panas. Banyaknya varian rasa yang ditawarkan, dijamin akan membuat kalian bingung.

  1. Lokabana Coffee
photo:  Ayu Indah Lestari

Masih di Jalan Prawirotaman I, Lokabana Coffee menyajikan berbagai macam kopi dan juga minuman cokelat. Yang paling dicari-cari yaitu Wine Latte, yaitu kopi dengan rasa wine yang dijamin 100% halal oleh MUI. Selain kopi dan cokelat, kalian juga bisa pesan healthy food di sini tanpa harus menguras dompet.

  1. Greenhost Boutique Hotel
photo: agoda.com

            Beralih ke Jalan Prawirotaman II. Penginapan ini cocok sekali untuk kalian para pendukung go green. Selain kamarnya yang ramah lingkungan, hotel bintang tiga ini dilengkapi restoran hidroponik, spa, dan juga kolam renang.

  1. Adhisthana Hotel & Warung Lawas
photo: booking.com

            Hotel yang berada di Jalan Prawirotaman II ini menyajikan kesan vintage. Walaupun banyak tamu yang menginap, tapi hotel ini memiliki suasana yang tenang. Ditambah dengan restoran Warung Lawas yang sangat instagrammable.

  1. Wisma Gajah Guesthouse
photo: atmago.com

Tidak heran jika Prawirotaman menjadi daerah dengan penginapan berlimpah. Setiap hotel ataupun guesthouse memiliki keunikan sendiri. Salah satunya Wisma Gajah Guesthouse. Dengan Rp 200.000 saja, kalian sudah dapat kamar dengan AC, sarapan, internet nirkabel, dan juga akses kolam renang. Jika kalian menginap di sini, jangan heran jika suasana tradisionalnya sangat kental. Itu karena pemiliknya masih memiliki hubungan dengan keluarga keraton.

Itu tadi sedikit ulasan mengenai kampung bule No. 1 di Yogyakarta. Masih banyak hal-hal menarik lainnya yang bisa kalian temukan sendiri dengan mengunjungi langsung. Tertarik berkunjung ke Prawirotaman? Untuk pemesanan paket wisata dan transportasi hubungi kami.

Contact Us

admin

Asoka Tour and Travel bergerak di bidang Usaha Perjalanan Wisata Domestik dan Mancanegara. Pemesanan Tiket Pesawat dan KAI. Pembayaran PPOB. Umroh dan Haji.

Kembali ke atas